Rabu, 27 Januari 2016

Pengertian Perencanaan Program Komunikasi ( PPK )

PPK adalah upaya membuat rancangan pelaksanaan suatu program komunikasi untuk mngakampanyekan,menyosialisaikan atau mempromosikan suatu "produk " ( Barang,jasa,program atau lembaga ) kepada khalayak sasarannya dengan harapan tercapainya tujuan PPK yang telah ditetapkan.Dalam setiap PPK ada tujuan yang direncanakan  ( intended effect ) dan tujuan yang dicapai ( obtained effect ).

Agar tujuan itu tercapai maka diperlukan antara pola PPK dengan SOSTAC yaitu :
1.Situation  Analysis ( Analisis Situasi )
2.Objectives ( Penetapan sasaran )
3.Strategy ( Perancangan startegis )
4.Tactics ( Pemilihan Taktik )
5.Action Plan ( Rencna Aksi )
6. Control System ( Sistem Pengendalian ) dalam bentuk monitoring dan evaluasi.

Karakteristik agar perencanaan Kampanye itu menjadi Efektif 
a.Melakukan campur tangan yang tepat pada waktunya.
b.Membuat segmentasi khalayak.
c.Memakai riset untuk menelusuri pelaksanaan kampanye, untuk mendapatka feed back bagi        perbaikan perencanaan berikutnya.d
d.Memilah usaha secara proporsional dalam mencapai target khalayak sesuai potensi dampak yang ditimbulkan.

Karakteristik perencanaan komunikasi jika dikaitan dengan kampanye komunikasi mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
1. Pekerjaan yang dapat dilakukan dalam jangka pendek dan jangka panjang.
2. Komunikasi dengan tujuan sasaran yang lebih umum dan lebih luas.

Menurut Simmon karakteristik perencanaan kampanye menggunakan langkah-langkah sebagai beriku :
1. Cara manusia menggunakan informasi
2.Menggunakan manajemen yang berorientasi pada tujuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar